Logo

Sejarah Program Studi

Latar historis berdirinya Pogram Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) terinspirasi oleh fenomena universal bahwa setiap negara berusaha melakukan pembinaan terhadap warga negaranya agar menjadi warga negara yang cerdas dan baik melalui pendidikan formal. Berdasarkan fenomena tersebut, timbul persoalan tentang siapa tenaga pendidik (guru) yang harus mengajarkan mata pelajaran PPKn, sementara pengajar PPKn di sekolah dilakukan oleh guru-guru yang belum memiliki kompetensi memadai dan profesional dalam mengajar mata pelajaran tersebut.

Memperhatikan kebutuhan-kebutuhan di lapangan, dan peran IKIP PGRI Tuban sebagai Lembaga Pendidikan yang mendidik calon guru maka pada tahun kuliah 1985 Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Tuban mendirikan Jurusan Pendidikan Moral Pancasila dan Kewarganegaraan, sebagai wadah untuk menyiapkan tenaga guru yang memiliki kewenangan mengajar mata pelajaran PMP-KN.

Secara kronologis, perkembangan nama program studi PPKn dapat dideskripsikan sebagai berikut: Pada tahun 1985 didirikan jurusan Pendidikan Moral Pancasila dan Kewarganegaraan (PMP-KN) dengan Nomor SK pendirian: 070/O/1985, tanggal SK: 18 Pebruari 1985. Pada tahun 2007 IKIP PGRI Tuban alih status menjadi Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban berdasar SK Mendiknas RI Nomor: 08/D/O/2007, tanggal 4 Januari 2007.  Sehubungan dengan alih status tersebut jurusan PMP-KN menjadi program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Nomor SK Izin Operasional program studi: 3178/D/T/K/-VII/2009, tanggal SK Izin Operasional: 19 Agustus 2009.

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) berada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban. Program PPKn telah terakreditasi BAN-PT tahun 2006 dengan Nomor SK BAN-PT: 005/BAN-PT/AK-X/S1/VI/2006. Peringkat (Nilai) Akreditasi Terakhir: B dengan Nomor SK BAN-PT: 032/BAN-PT/Ak-XV/S1/X/2012.