Logo

Capaian Lulusan

Capaian pembelajaran (Lerning Outcomes) lulusan program studi S1 PPKn meliputi aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Aspek Sikap

Setiap lulusan program studi PPKn memiliki sikap sebagai berikut:

(1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

(2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

(3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila, berkomitmen terhadap NKRI, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika;

(4) Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

(5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

(6) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

(7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

(8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

(9) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

(10) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Aspek Keterampilan

Lulusan program studi PPKn memiliki keterampilan umum dan keterampilan khusus sebagai berikut: Keterampilan Umum:

(1) Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

(2) Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

(3) Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

(4) Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

(5) Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

(6) Memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

(7) Bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

(8) Melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

(9) Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; Keterampilan Khusus:

(1) Merencanakan dan merancang pembelajaran PPKn yang kreatif dan mendidik;

(2) Menerapkan pendekatan, metode dan media pembelajaran PPKn;

(3) Melaksanakan pembelajaran yang mendidik dalam PPKn;

(4) Merencanakan dan membimbing Praktik-Belajar Kewarganegaraan;

(5) Mengembangkan instrumen evaluasi proses dan hasil belajar peserta didik dalam PPKn;

(6) Menerapkan prinsip dan prosedur evaluasi proses dan hasil belajar peserta didik bidang PPKn;

(7) Memanfaatkan hasil evaluasi untuk perbaikan pembelajaran;

(8) Mengelola laboratorium PPKn di sekolah;

(9) Merencanakan dan melaksanakan penelitian dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran PPKn.

Aspek Pengetahuan

(1) Menguasai konsep teoretis bidang filsafat, nilai dan moral; politik, pemerintahan, dan kewarganegaraan; hukum dan ketatanegaraan; dan sosial-budaya, serta mampu memformulasikan dalam penyelesaian masalah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam konteks NKRI;

(2) Menguasai konsep teoretis tentang karakteristik peserta didik beserta konteks sosialnya, tahapan perkembangan peserta didik dalam aspek intelektual, personal, spiritual dan sosial serta mampu menerapkannya dalam mengoptimalkan pembelajaran PPKn;

(3) Menguasai konsep teoretis tentang pembelajaran PPKn yang mendidik, prinsip-prinsip dasar proses pendidikan dan pembelajaran, serta penerapannya dalam perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan pengembangan proses pembelajaran PPKn;

(4) Mengaplikasikan pengetahuan tentang deskripsi materi PPKn, karakteristik peserta didik, dan pembelajaran PPKn sesuai dengan perkembangan IPTEKS dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.